Latest News :
Home » » Angels of Metal (female fronted metal)

Angels of Metal (female fronted metal)

Rabu, 23 Mei 2012 | 0 komentar


Di dalam perkembangan musik Metal, ada beberapa sub genre metal seperti symphonic metal, gothic metal dan power metal yang mempunyai vocalist cewek yang berkwalitas dengan performa yang bikin para pecinta musik metal berdecak kagum.
Kebanyakan para penyanyi wanita tersebut memiliki suara yang lembut, juga bertipe soprano layaknya penyanyi musik klasik/opera. Keindahan suara vokal para frontwoman ini terkadang juga didukung oleh musik dengan iringan orchestra maupun choir/paduan suara sehingga menambah kemegahan musiknya.

Sebuah istilah untuk menyebut band-band bergenre metal yang memiliki penyanyi cewek atau angel of metal adalah Female Fronted Metal. Para wanita metal tersebut biasanya sebagai penyanyi utama, walaupun ada juga beberapa band yang menggunakan penyanyi campuran pria dan wanita.

Berikut ini adalah Best Female Fronted Metal atau ku beri julukan Angel of Metal, tentu aja aku pilih2 sesuai dengan seleraku ya...

1. Tarja Turunen (ex. Nightwish)
 

Tarja Turunen (penyanyi idola gw banget...) adalah vokalis formasi awal sekaligus salah satu pendiri Nightwish yang merupakan band symphonic power metal dari Finlandia, dibentuk pada tahun 1996 di kota Kitee, Finlandia, dengan Tuomas Holopainen (keyboard) sebagai leader.
Suara Tarja yang bertipe dark soprano dikombinasikan dengan musik symphonic power metal bertempo cepat merupakan hal yang tidak biasa saat itu. Luar biasa! Bener2 angel of metal!
Kwalitas suara yang kuat, jernih dan tinggi melengking Tarja memberikan ciri khas tersendiri pada band Nightwish. Coba aja dengerin lagu the phantom of the opera dari nightwish dimana di akhir lagu ada solo vokal tarja yang kuereenn.. yaa semua lagu2 Tarja di Nightwish sih emang keren.
Banyak vokalis cewek genre ini yang menjadikan Tarja Turunen sebagai panutannya. Sopran vocal dalam balutan musik metal.. Cool!
Album konser Nightwish pada tahun 2005 berjudul End Of An Era merupakan era terakhir Tarja di band ini. Ia resmi dikeluarkan dari Nighwish pada tanggal 22 Oktober 2005 setelah sembilan tahun ikut andil dalam membesarkan nama Nightwish, pada the end of the Once Upon a Tour. Pada tahun 2007, Tarja Turunen merilis My Winter Storm, sebuah album dengan berbagai gaya, termasuk rock alternatif dan Metal simfoni.


2. Sharon Den Adel (Within Temptation)


Sharon den Adel adalah vokalis Within Temptation band symphonic gothic metal dari Belanda yang didirikannya pada 1996 bersama sang gitaris Robert Westerholt.Udah cantik, sexi bersuara indah pula.. pantas kalau dia dapat julukan Angel of Metal, Beauty from Underground, Goddess of Rock, Metal Fairy, atau apalah yang lainnya.. Suara Sharon memainkan peranan penting dalam musik Within Temptation. Konon katanya ada yang menyebutkan bahwa saingan Tarja Turunen dari nightwish adalah wanita ini, namun sejak hengkangnya Tarja dari nightwish, banyak orang yang bilang bahwa Sharon Den Adel pantas dijadikan yang terbaik. Selain di Within Temptation, Sharon juga muncul sebagai bintang tamu di beberapa band seperti Avantasia, Ayreon, dan Timo Tolkki.


3. Simone Simons (Epica)


Simone Johanna Maria Simons ( wah, namanya gw banget nih...) alias Simone Simons adalah wanita berdarah Jerman yang bergabung di band Epica pada tahun 2002. Band Epica adalah band asal Belanda yang dibentuk oleh gitaris Mark  Jansen yang keluar dari band After Forever.
Simone Simons tertarik kepada musik sejak usia 10 tahun. Setelah mendengarkan album “Oceanborn” dari Nightwish pada usia 15 tahun, ia mulai belajar bernyanyi musik klasik. Suara Simone Simons yang mezzo-soprano sedikit mengingatkan kita pada suara Tarja Turunen.
Cewek berambut merah ini juga pernah menjadi bintang tamu di band Primal Fear, Aina, dan Kamelot. Nama Epica sendiri diilhami dari album Kamelot yang berjudul Epica.


4. Floor Jansen (After Forever)
   

Floor Jansen adalah vokalis band After Forever asal Belanda. Salah satu soprano terbaik yang dimiliki oleh band metal dari negeri kincir angin.
Pada awalnya After Forever yang didirikan pada tahun 1995 dibawah nama Apocalypse, mengusung genre death metal dengan vokalis cowok. Dengan bergabungnya Floor Jansen di tahun 1997, yang mempunyai suara sopran membuat band ini bergeser lebih ke Symphonic Metal yang pas dengan suara sang vokalis.
Kemampuan Floor Jansen dalam bernyanyi musik klasik maupun rock telah membuatnya cukup terkenal di kalangan pecinta metal. Suaranya mampu berganti dari agak ngepop hingga tiba-tiba berubah menjadi suara yang lebih operatik. Selain di After Forever, ia juga ikut berpartisipasi dalam band Star One dan Ayreon.


5. Sabine Edelsbacher (Edenbridge)


Edenbridge adalah band bergenre Symphonic Metal yang didirikan pada tahun 1998 di Linz, Austria sebagai proyek studio oleh gitaris/keyboardist Lanvall, bassist Kurt Bednarsky dan vokalis Sabine Edelsbacher.
Sabine Edelsbacher, sang vokalis band asal Austria ini memiliki suara yang sangat lembut dan menawan terutama di lagu-lagu ballad. Top banget deh suara n performa si cantik Sabine ini. Aku paling suka lagunya yang berjudul Arcana, Sunrise in Eden, dan Elsewhere.


6. “Myst” (Luca Turilli’s Dreamquest)
   

“Myst” adalah vokalis di band Luca Turilli’s Dreamquest. Kenapa disebut “Mist”? Karena si Luca Turilli (yang punya band) sengaja menyembunyikan identitas sang vokalis yang punya suara indah nan memukau ini. Hmm…jadi penasaran kan..
Ada beberapa kalangan yang mengatakan kalau si “Myst” ini adalah Bridget Fogle, vokalis di album ketiga Luca Turilli, tapi ada juga yang bilang dia adalah Floor Jansen-nya After Forever. Ah, sutralah, siapapun dia, suaranya emang luar biasa..


7. Elisa C. Martin (Dreamaker, ex-Dark Moor, ex-Fairyland)
 

Elisa Candelas Martin adalah seorang penyanyi asal Spanyol yang telah menjadi vokalis untuk band-band power metal seperti Dark Moor, Hamka, Fairyland dan Dreamaker.
Dark Moor tidak akan pernah sama tanpa vokalis cewek satu ini. Elisa mulai menyanyi di band-band metal sejak dia berusia 12 tahun. Dia membentuk beberapa band Spanyol seperti Necrópolis, Five Cross and Sabatan, dan merilis 2 EP di tahun 1994, tapi band ini kemudian bubar, dan Elisa masuk di Dark Moor.
Elisa di Dark Moor sampai dengan album “Between Light And Darkness” (2003). Ia kemudian membentuk band Dreamaker (Spanyol), sempat juga bernyanyi di band Fairyland (Perancis) dan Hamka (Perancis).


8. Anette Olzon (Nightwish)


Nah, ini dia vokalis Nightwish pengganti Tarja Turunen. Warna vokal Anette juga bagus walau gak segarang si Tarja. Banyak fans Nightwish yang kecewa sepeninggal Tarja, karena karakter vokal Anette sangat berbeda dari Tarja sehingga membuat Nightwish menjadi sedikit kehilangan ciri khas opera metalnya.
Anette adalah penyanyi kelahiran Swedia yang dibesarkan dalam keluarga musisi. Walau tidak pernah mengenyam pendidikan vokal resmi (beda banget dengan Tarja ya. ? ), Anette sudah menyukai musik sejak kecil. Dia sering diajak tur oleh band ibunya, bahkan Anette kecilpun sering ikutan perform bersama mereka.
Anyway, penampilan Anette di album Dark Passion Play (2007) lumayan okelah..

9. Amy Lee ( Evanescence)
   

Amy Lynn Lee atau lebih populer dengan nama Amy Lee adalah seorang penyanyi, pianis piano klasik dan pendiri band Evanescence bersama mantan gitarisnya Ben Moody.
Evanescence yang berasal dari Arkansas, Amerika Serikat adalah band Rock dengan hits mereka “Bring Me to Life” dan “My Immortal”, Ost. Dare Devil (walau aku lebih suka “Taking Over Me”). Evanescence juga sempat dianggap sebagai bagian dari Christian Rock, hal ini terlihat pada lagu mereka yang berjudul Tourniquet.
Suara dan style Amy Lee yang gothic sangat digemari dan menjadi trend setter bagi beberapa musisi dan pecinta musik rock.


10. Cristina Scabbia (Lacuna Coil)
   

Adriana Cristina Chiara Scabbia adalah penyanyi Italia yang juga dikenal sebagai salah satu dari vokalis Lacuna Coil, band gothic metal asal Milano, Italy.
Seperti yang kita tahu, band Lacuna Coil mempunyai 2 orang vokalis, cowok n cewek, mereka adalah Andrea Ferro (sang vokalis cowok) yang berduet dengan Cristina Scabbia).
Sebenernya masih banyak vokalis-vokalis cewek “angel of metal” yang punya kwalitas dan karakter suara yang keren dan memukau, seperti vokalisnya Ebony Ark, Arch Enemy, Shocke Stalin, Otep, dsb. Mungkin next time aku kan mengulasnya.


Keep on rockin’!! \m/

source:
http://www.nanatan.com
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Metal Zeen - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger